Sabtu, 17 April 2010

Perbandingan cyber law, Computer crime act (Malaysia), Council of Europe Convention on Cyber crime



Kejahatan yang terjadi akibat suatu perkembangan dunia teknologi informasi seperti Cybercrime. Konsep hukum cyberspace, cyberlaw dan cyberline yang dapat menciptakan komunitas pengguna jaringan internet telah menimbulkan kegusaran para praktisi hukum untuk menciptakan pengamanan melalui regulasi, khususnya perlindungan terhadap milik pribadi.

Dengan adanya peraturan hukum yang berlaku untuk dunia internet, diharapkan tingkat kejahatan yang terjadi di dunia maya ini dapat dihilangkan.
Telah disebutkan sebelumnya Cyber Law, Computer crime act (Malaysia), Council of Europe Convention on Cyber Crime maka dapat dibandingkan seperti :

Cyber Law
Cyber Law merupakan suatu peraturan hukum yang digunakan di dunia maya. Cyber Law ini diasosiasikan dengan media internet yang merupkan aspek hukum dengan ruang lingkup yang di setiap aspeknya berhubungan dengan manusia atau subyek hukum dengan menggunakan atau memanaatkan teknologi internet.
Cyberlaw lainnya adalah bagaimana cara memperlakukan internet itu sendiri. Dalam bukunya yang berjudul Code and Other Laws of Cyberspace, Lawrence Lessig mendeskripsikan empat mode utama regulasi internet, yaitu: . Law (Hukum), Architecture (Arsitektur), Norms (Norma) dan Market (Pasar).

Computer Crime Act (Malaysia)
Computer Crime Act (Malaysia) merupakan suatu peraturan Undang – undang yang memberikan pelanggaran – pelanggaran yang berkaitan dengan penyalah gunaan komputer, undang – undang ini berlaku pada tahun 1997. Computer crime berkaitan dengan pemakaian komputer secara illegal oleh pemakai yang bersifat tidak sah, baik untuk kesenangan atau untuk maksud mencari keuntungan.

Council of Europe Convention on Cybercrime
Ini merupakan suatu wadah atau organisasi yng meilndungi masyarakat dari kejahatan dunia maya dalam dunia internasional, Tujuan dari organisasi ini adalah memerangi cybercrime, meningkatkan investigasi kemampuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar