Jumat, 16 April 2010

Ciri-ciri profesionalisme di bidang IT dan kode etik profesional yang seperti apa yang harus dipunyai oleh seorang IT


Profesionalisme
Kata “Profesionalisme” itu sendiri bisa diartikan sebagai suatu kualitas yang harus dimiliki oleh setiap eksekutif yang baik dalam bidangnya.
maka sebagai “profesionalisme” tersebut dalam “bidang IT” merupakan seseorang yang cerdas, mampu, pintar dalam bidang khususnya teknologi komputer atau pemograman, dengan memiliki kualitas pengetahuan yang sangat baik dan dapat melakukan pekerjaannya tersebut dengan sangat baik dan mampu mempertanggung jawabkannya.

Etika
Sedangkan kata “Etika” ini merupakan suatu ilmu cabang filosofi yang berkaitan dengan apa saja yang dipertimbangkan baik dan salah.
Etika disini juga memiliki beberapa definisi seperti:
• Standar penyelenggaraan suatu profesi tertentu
• Kode moral dari suatu profesi tertentu
• Persetujuan diantara manusia untuk melakukan yang benar dan menghindari yang salah.
Dan salah satu yang harus dimengerti yaitu bahwa apa yang tidak etis tidak berarti itu adalah illegal. Dalam suatu lingkungan yang kompleks, definisi benar atau salah tidak selalu jelas. Juga perbedaan antara illegal dan tidak beretika tidak selalu jelas.


Ada beberapa kriteria atau ciri-ciri yang dimiliki oleh seorang yang bisa disebut Profesionalisme dibidang IT yaitu:
  1. memiliki ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam dalam bidang IT dalam manganalisis suatu masalah dan peka didalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
  2. memiliki keterampilan yang tinggi dalam bidang IT dalam menggunakan peralatan-peralatan dalam melaksanakan tugasnya dibidang IT
  3. memiliki sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain , namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya terutama didalam bidang IT.
  4. dan yang terakhir memiliki sikap orientasi kedepan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan IT yang terbentang dihadapannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar