Kamis, 15 Oktober 2009

Tugas Kelompok MK Konsep Sistem Informasi Lanjut

SCM Kopi Susu Kemasan




















Bahan Baku
Pada siklus produk kopi susu kemasan ini diawali dengan perolehan bahan baku dari para petani kopi yang menghasilkan bahan baku utama produk tersebut, begitu juga perolehan bahan baku dari para peternak sapi, petani tebu dan pabrik plastik.

Pengolahan bahan baku
Setelah dilakukan penentuan perolehan bahan baku dari produk tersebut, maka pemrosesan produk kopi susu selanjutnya yaitu dengan pengolahan bahan baku utama seperti yang diperoleh dari petani kopi yang menghasilkan biji kopi pilihan, lalu petani tebu yang menghasilkan gula, kemudian peternak sapi yang menghasilkan susu dan perolehan bahan baku plastik dari pabrik plastik. Setelah perubahan bentuk bahan baku mentah menjadi bahan baku utama pembuatan produk kopi susu kemasan seperti kopi, susu, gula dan plastik maka bahan - bahan tersebut dikirim ke pada para pemasok.

Proses Pembuatan Kopi Susu Kemasan
Setelah mendapatkan bahan baku utama yaitu dari para pemasok kopi, susu, gula dan plastik. Maka proses pada kegiatan pabrik kopi susu kemasan selanjutnya yaitu mengolah bahan baku seperti kopi, gula dan susu menjadi satu yang kemudian dikemas sesuai dengan takaran persajinya kedalam plastik produk yang telah didisain sebelumnya.

Proses Pemasaran Produk
Setelah proses pembuatan kopi susu kemasan selasai, maka lankgkah selanjutnya adalah melakukan kegiatan pemasaran produk. Yaitu mulai dari pengiriman produk kepada pihak distributor, lalu dari pihak distributor menyebarkan produknya terebut ke sklala yang lebih kecil yaitu kerpada pihak supermarket dan pengecer. Dan dari proses pemasaran tersebut berakhir kepada pembeli ( konsumen ) produk atau penikmat kopi susu kemasan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar