Rabu, 07 Oktober 2009

Tugas Pengantar Telematika

Definisi Telematika

Mulai pada sekitar tahun 1978 istilah telematika muncul dalam bentuk bahasa perancis ( Telematique ), istilah ini pertama kali dikemukakaan oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe yang merupakan gabungan dari kata telekomunikasi dan informatika.

Gabungan dari pengertian telematika itu sendiri merupakan teknik pengiriman pesan dari tempat asal ketempat tujuan lain dengan memakai beberapa ciri sebuah sistem yang dapat menerima lalu dikumpulkan sebelum diproses kemudian menghasilkan sebuah output berbentuk informasi. Bentuk komunikasi secara dua arah ini contohnya seperti televisi, radio dan lain-lain, atau sekarang mulai dengan perangkat yang lebih canggih seperti menggunakan jaringan computer yang biasanya disebut dengan jaringan internet. Jadi bisa dibilang pengertian dari istilah telematika ini mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi contohnya jaringan internet itu sendiri.

Menurut dari sumber www.wikipedia.org istilah telematika ini sering dipakai untuk beberapa macam bidang, beberapa contohnya seperti :

  1. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  2. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  3. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Perkembangan Telematika Di Indonesia

Di Indonesia mengalami 3 Priode dalam perkembangan telematika. Hal ini tidak terlepas dari perjalanan perkembangan sebelumnya. Menurut fenomena yang terjadi pada stiap periode dalam perkembangannya yaitu :

1. Periode Rintisan : Akhir tahun 1970-an sampai 1980-an
2. Periode Pengenalan : Sekitar tahun 1990-an
3. Periode Aplikasi : Dimulai pada tahun 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar