Kamis, 10 Desember 2009

Middleware Telematika

Definisi Middelware

Middleware didefinisikan seperti software yang menghubungkan komponen perangkat lunak atau aplikasi yang berisi sekumpulan layanan yang memungkinkan agar beberapa proses dapat berjalan untuk satu atau beberapa mesin computer untuk saling berinteraksi dalam sebuah jaringan.
Teknologi ini berkembang untuk menyediakan untuk Interoperabilitas dalam dukungan yang koheren didistribusikan pindah ke arsitektur, yang paling sering digunakan untuk mendukung dan mempermudah kompleksitas, aplikasi didistribusikan.
Middleware juga bisa disebut sebagai sebuah aplikasi yang secara logic yang terletak diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP [1].
Penggunaan middleware ini sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi mainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda termasuk server web, server aplikasi, dan alat-alat serupa yang mendukung pengembangan aplikasi dan pengiriman
Middleware yang paling banyak dipublikasikan :
– Microsoft's COM/DCOM (Component Object Model)
– Open Software Foundation's Distributed Computing Environment (DCE),
– Object Management Group's Common Object Request Broker Architecture (CORBA),

Kebutuhan middleware
Suatu keadaan Integrasi bisa dapat terjadi apabila antara berbagai mesin dan aplikasi yang berlainan dapat saling bekerja sama (interoperate). Dalam hal ini, data yang disediakan oleh sebuah subsistem juga dapat diacces oleh subsistem lainnya. Dengan demikian data customer sering harus dapat dibaca oleh bagian customer service dan akuntansi.
Data hasil pengembangan perlu dapat dibaca oleh bagian manajemen. Hal ini semakin terasa ketika sistem tersebar menjadi semakin besar dan beragam. Di sinilah aplikasi middleware memegang peranan. Middleware adalah software yang telah didisain untuk mendukung pengembangan sistem yang tersebar agar aplikasi yang sebelumnya terisolasi untuk saling berhubungan. Dan dengan bantuan middleware data yang serupa dapat digunakan oleh customer service, akuntansi, pengembangan, dan manajemen sesuai dengan kebutuhan. Di sini peran middleware dapat berfungsi sebagai alat penterjemah suatu informasi agar setiap aplikasi mendapatkan format data yang dapat mereka proses.

Contoh – contoh Middleware seperti :
1. Object Management Group’s: Common Object Request Broker Architecture(CORBA)
2. Also .NET Remoting.
3. Java’s: Remote Procedure Call.
4. Microsoft’s COM/DCOM (Component Object Model).

Kesimpulan
Middleware merupakan software yang menghubungkan antara komponen perangkat lunak atau aplikasi yang berisi sekumpulan layanan yang memungkinkan untuk beberapa proses dapat berjalan dalam satu atau beberapa mesin computer untuk saling berinteraksi dalam sebuah jaringan.
Middleware juga dapat dikatakan sebagai alat penterjemah suatu informasi agar setiap aplikasi mendapatkan format data yang dapat mereka acces.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar